P3A Didorong Kelola Irigasi Pertanian Secara Mandiri di Pinrang
Komentar

P3A Didorong Kelola Irigasi Pertanian Secara Mandiri di Pinrang

Komentar

Terkini.id, Pinrang — Tidak sedikit masyarakat yang bergelut di sektor pertanian, itu masuk dalam perkumpulan Petani Pemakai Air atau biasa disebut P3A. Maka dari itu, pemerintah mendorong peran serta mereka untuk lebih agresif lagi.

Kepala Bidang Irigasi Pedesaan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi Kabupaten Pinrang, Husni Nakka, menyampaikan, jika pihaknya telah melakukan pelatihan terhadap puluhan P3A di daerah Punnia.

“Itu pelatihan pengelolaan kelembagaan irigasi. Pesertanya ada sekitar 50 orang,” sebutnya, Selasa 30 Mei 2023.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi Kabupaten Pinrang, M Jenal, mengungkapkan, maksud dari pelatihan tersebut untuk men-trigger P3A supaya berperan aktif dalam aspek pengelolaan irigasi secara mandiri.

“P3A sebetulnya, memang mesti menjadi garda terdepan dalam pengelolaan irigasi. Peran sertanya sangat penting, untuk bersinergi dengan pemerintah, dalam mengatasi persoalan-persoalan irigasi,” nilainya.

Baca Juga

Sementara itu, Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid, mengatakan, kalau P3A di Bumi Lasinrang telah dilengkapi dengan dokumen legalitas organisasi. Hal itu, memberi penguatan peran P3A secara kelembagaan untuk berperan aktif.

Menurutnya, Kabupaten Pinrang dengan sektor pertanian yang menjadi unggulan, tak bisa dipisahkan dengan pengelolaan irigasi. Sebab, hal ini menjadi point penting dalam peningkatan hasil produksi nantinya.

“Makanya memang penting, peran P3A. Baik itu dalam operasional maupun dalam aspek pemeliharaan irigasi yang sudah ada sekarang,” katanya.