Sidang Komisi Irigasi Musim Tanam Oktober di Pinrang, Bupati Bilang Begini
Komentar

Sidang Komisi Irigasi Musim Tanam Oktober di Pinrang, Bupati Bilang Begini

Komentar

Terkini.id, Pinrang — Sidang komisi irigasi untuk musim tanam periode Oktober 2022 – Maret 2023 kembali digelar di Ruang Pola Kantor Bupati Pinrang, Rabu 5 Oktober 2022.

Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid, menyampaikan, jika pemerintah telah melaksanakan berbagai kebijakan guna mewujudkan kemandirian kedaulatan pangan. Dan untuk sampai ke sana, itu tak terlepas dari komponen penunjang seperti jaringan irigasi dan kelembagaan pengelolaan irigasi.

“Rehabilitasi hingga peningkatan infrastruktur tidak cukup untuk peningkatan kinerja sistem irigasi. Karena memang dibutuhkan kelembagaan pengelolaan irigasi,” jelasnya.

Untuk mewujudkan itu, tambahnya, keterpaduan dalam pengembangan dan pengelolaan sistem irigasi maka diperlukan sebuah wadah koordinasi, bagi seluruh pemangku kepentingan. Maka dengan begitu tercipan kesatuan pandangan dalam pengelolaan sistem irigasi ke depannyan.

“Maka di sini peran komisi irigasi. Yang merupakan lembaga koordinasi dan komunikasi antara pemerintah, petani pemakai air,  hingga pengguna jaringan irigasi yang diberu wewenang merumuskan jadwal musim tanam,” urainya.

Baca Juga

Sementara itu, Sekretaris Komisi Irigasi Kabupaten Pinrang, Husni Nakka, sidang komisi irigasi ini, dimaksudkan untuk mewujudkan tertibnya jadwal musim di seluruh daerah irigasi di Bumi Lasinrang.

“Untuk musim tanam April-September berjalan baik. Alhamdulillah juga untuk daerah yang sedang dilakukan modernisasi irigasi, petaninya kooperatif. Tren itu, kami ingin upayakan berlanjut ke musim tanam kali,” tutupnya