Dulu Kerap Jebol, Ini Penampakan Terbaru Sungai yang Sering Bikin Khawatir Warga di Pinrang
Komentar

Dulu Kerap Jebol, Ini Penampakan Terbaru Sungai yang Sering Bikin Khawatir Warga di Pinrang

Komentar

Terkini.id, Pinrang — Tanggul sungai yang dulunya sering jebol di Kabupaten Pinrang kini mendekati tahap finalisasi pekerjaan. Penampakannya pun telah berubah drastis.

Itu adalah Sungai Galang-galang. Merupakan sungai yang berbatasan dengan Provinsi Sulbar dan Sulsel. Lebih tepatnya berada di Desa Pajalele, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang.

Penampakan terbaru dari sungai tersebut kini menjadi lebih baik. Dahulu tinggi air hampir dan bahkan sering setinggi dengan tanggul dari bibir sungai. Terlihat kini, tidak begitu lagi. Ribuan jumbo bag yang berisikan pasir, tersusun rapi tiga tingkat.

“Bisa dibilang mendekati finalisasi (pengerjaan tanggul). Itu masih on progres,” terang Kepala Bidang Irigasi Pedesaan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Kontruksi (SDABK) Kabupaten Pinrang, Husni Nakka, Selasa 8 November 2022.

Terhitung memang, kata Husni, tidak jumlah kepala keluarga yang bermukim di daerah sekitar sungai tersebut. Kala datang musim hujan, mau tidak mau warga di sana harus selalu waspada. Sebab luapan air, bisa merengsek masuk hingga pemukiman.

Baca Juga

Namun kini, tambahnya, warga tak perlu risau apalagi khawatir lagi. Untuk progres pengerjaan kini terus berlanjut. Tercatat sejauh ini, tanggul penahan bibir sungai tersebut telah terpasang sepanjang 182 meter.

“Rencana awal sebetulnya memang 182 meter, tapi ini ada penambahan sepanjang 80 meter lagi. Semoga dengan ini, keresahan dan kekhawatiran warga bisa teratasi,” harapnya.