Disnakbun Dorong Kembali Animo Petani Kakao di Pinrang
Komentar

Disnakbun Dorong Kembali Animo Petani Kakao di Pinrang

Komentar

Terkini.id, Pinrang — Kakao pernah jaya di Bumi Lasinrang, maka dari itu Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Kabupaten Pinrang terus mendorong upaya untuk sampai ke arah tersebut.

Kepala Bidang Pengembangan Perkebunan Disnakbun Pinrang, Jabbar Ali, mengemukakan jika sekitar tahun 1980-an hingga 1990-an kakao menjadi sempat memasuk masa-masa jaya di Kabupaten Pinrang.

“Dulu itu kalau kita bicara Pinrang kalau bukan ya orang bicara kakao. Tapi seiring waktu bergeser. Sekitar tahun 2000-an sudah tidak begitu lagi,” kenangnya, Rabu 29 November 2023.

Jabbar menceritakan jika yang membuat kakao surut di Pinrang kala itu adalah hama pengerek buah kakao. Namun berlandaskan historis kakao yang pernah jaya di Pinrang, Disnakbun berupaya untuk mengembalikan animo para petani di sektor itu.

“Pinrang ini potensial untuk kakao. Luas lahan untuk itu sekarang ada sekitar 18 ribu hektar. Tapi memang yang berproduksi sekarang cuma berkisar 8 ribuan hektar saja,” bebernya.

Baca Juga

Maka dari itu, lanjutnya, pihaknya kini terus berupaya mengedukasi para petani untuk jangan memandang sebelah mata kakao. Sebab dari sisi ekonomi nilainya bukan main. Sebab harga di pasaran pun kerap melenting di atas ekspektasi.

“Yah makanya selain edukasi, kami juga carikan upaya lain. Termasuk belum lama ini diturunkan bantuan 695.210 buah bibit komoditas kakao untuk 1.264 petani dari 43 kelompok yang terdata sejauh ini,” tutupnya.