Normalisasi Saluran Pembuangan di Pinrang, Masih Menunggu Respons Balai
Komentar

Normalisasi Saluran Pembuangan di Pinrang, Masih Menunggu Respons Balai

Komentar

Terkini.id, Pinrang — Saluran pembuangan di Kabupaten Pinrang ingin dinormalisasi. Opsi anggaran akan ada dua. Selain dari APBD, juga menanti respons dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jeneberang.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu terjadi banjir di Kecamatan Watang Sawitto yang merupakan daerah permukiman pada di Kabupaten Pinrang. Salah satu yang dinilai menjadi faktor penyebab, itu karena dangkalnya saluran pembuangan.

“Yah salah satu faktor memang karena itu. Adanya pendangkalan sedimentasi dan menumpuknya sampah di saluran pembuangan Sawitto,” jelas Kepala Bidang Irigasi Pedesaan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi Kabupaten Pinrang, Husni Nakka, Selasa 7 Juni 2022.

Husni menyampaikan, jika memang perlu dilakukan normalisasi untuk saluran pembuangan. Yakni, mengembalikan bentuk saluran ke kondisi awalnya. Sebab jika tdk begitu, saat hujan mengguyur deras seperti sebelumnya, banjir serupa mungkin saja bisa terjadi.

“Nah di APBD kami sudah anggarkan sebetulnya juga. Tetapi kami, juga mengusulkan hal itu ke balai,” beber Husni.

Baca Juga

Husni belum merinci secara detail nominal anggaran serta panjang saluran pembuangan yang akan dinormalisasi dengan APBD. Namun ia mengaku, support dari BBWS Pompengan Jeneberang akan sangat penting.

“Sejauh ini, kami masih menunggu respons balai,” tutupnya