Musim Tanam April-September di Pinrang, Begini Imbauan Komisi Irigasi

Terkini.id, Pinrang — Keputusan Bupati nomor 610/246/2022 terkait jadwal irigasi pada musim tanam April-September 2022 telah diterbitkan. Komisi irigasi berharap para petani bisa tertib mengikuti jadwal tersebut, supaya tidak mempengaruhi produktivitas hasil pertanian.

Sekretaris Komisi Irigasi Kabupaten Pinrang, M Husni Nakka, menyampaikan, jadwal irigasi pada musim tanam April-September itu dibuat berdasarkan beberapa pertimbangan yang matang.

“Kondisi debit air di Bendungan Benteng, hama (masukan dinas pertanian), curah hujan, luas areal yang akan dialiri irigasi, serta rencana pelaksanaan perbaikan saluran irigasi,” rinci Husni, Kamis 21 April 2022.

Baca Juga: Pemkab Imbau Kawal Bersama Proyek Strategis Balai Pompengan di Pinrang

Husnis yang juga Kepala Bidang Irigasi Pedesaan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi Kabupaten Pinrang, tak menampik, jika kerap terjadi kendala di lapangan. Karena tak jarang, ada petani yang tidak mengikuti jadwal musim tanam yang endingnya berimbas kepada produktivitas hasil pertaniannya sendiri.

“Jadi harapannya, petani konsisten dengan jadwal itu. Sebab jika tidak demikian, akan mengganggu aliran irigasi ke daerah lainnya,” imbaunya.

Baca Juga: Kasus Siswa Tampar Siswi yang Viral di Pinrang, Berakhir Damai

Ia menjelaskan, soal jadwal tersebut, pihaknya telah melaksanakan agenda sidang komisi irigasi. Lalu disepakati bersama jadwal musim tanam itu dan selanjut dilegitimasi melalui SK Bupati Pinrang.

“Jika ada yang tidak ikut jadwal, itu akan menjadi masalah dalam pembagian air irigasi,” imbuhnya.

Berikut beberapa jadwal irigasi musim tananm April-September 2022:

Baca Juga: Kasus Siswa Tampar Siswi yang Viral di Pinrang, Berakhir Damai

– Sektor Saluran Induk Pekkabata
– Sektor Saluran Induk Rappang
– Sektor Saluran Induk Sawitto

Pengaliran/buka pintu air : 1 Mei 2022
Tutup tanam: 15 Juni 2022
Pengeringan saluran/tutup pintu air: 16 September 2022

Bagikan