Absen 13 Tahun, Akhirnya Pinrang Punya Perwakilan Pada Ajang Kompetisi Sains Tingkat Nasional

Terkini.id, Pinrang — Belasan pelajar di Sulsel bakal unjuk gigih pada kompetisi sains tingkat nasional yang direncanakan November mendatang. Salah satunya, pelajar dari Kabupaten Pinrang. Mewakili daerahnya setelah 13 tahun tak pernah ada yang lolos lagi pada agenda tahunan tersebut.

Pelajar dari SMAN 1 Pinrang, M Nur Firdaus, bercerita, jika dirinya kini menjadi salah satu kontestan mewakili Kabupaten Pinrang untuk berkompetisi pada agenda kompetisi sains tingkat nasional untuk bidang fisika.

“Alhamdulillah bisa lolos ke tingkat nasional. Lama sekali memang baru ada lagi yang bisa lolos ke tingkat nasional. Sudah 13 tahun kayaknya,” terang siswa kelas XII MIPA itu, Selasa 5 Oktober 2021.

Baca Juga: Pemkab Gantung Hasil Seleksi Perusda Pinrang, Pansel: Kami juga Tidak...

Firdaus mengisahkan, jika sejak kelas 5 SD mulai ikut mencoba berkompetisi. Kala itu dia mengambil bidang matematika. Hanya saja, cuma bisa lolos sampai tingkat kecamatan. Pada level persaingan kabupaten ia jatuh.

“Nah waktu SMP saya niat ikut lagi. Tapi saat kelas 8, saya ikut lomba cerdas cermat bidang IPA saat Porseni. Saya juara dan guru waktu itu ajak saya ikut olimpiade IPA. Di situ juga saya dibujuk untuk pilih bidang fisika,” kenangnya.

Baca Juga: Persiapan Kenaikan Sabuk, Inkanas Pinrang Intens Latihan

Pelajar kelahiran 12 November 2003 itu menyampaikan, di level SMP untuk bidang fisika, ia bisa lolos mewakili Pinrang. Hanya saja, untuk kompetisi di level provinsi dirinya kembali gagal.

Masuk SMA, Firdaus sama sekali tak putus asa. Ia terus berlatih dan mempertajam pengetahuannya. Khususnya pada mata pelajaran fisika.

“Lomba terakhir saya pas kelas 11, Alhamdulillah saya juara 1 lagi tingkat kabupaten dengan soal yang baru dari tahun-tahun sebelumnya, dan semenjak waktu itu saya pun kembali mengingat masa lalu pas gagal di tingkat provinsi untuk melakukan hal berbeda dari sebelumnya,” bebernya

Baca Juga: Pemda Pinrang Prioritaskan Dana Hibah Dibanding Perbaikan Jalan, Eks Legislator:...

“Alhasil cara itu pun dapat mengantarkan saya ke tingkat selanjutnya, ke tingkat yang saya impikan sejak SMP yaitu level nasional,” bebernya lagi.

Bagikan