Ini Detail Program Pemkab Pinrang yang Masuk Top 45 Inovasi Pelayanan Publik
Komentar

Ini Detail Program Pemkab Pinrang yang Masuk Top 45 Inovasi Pelayanan Publik

Komentar

Terkini.id, Pinrang — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pinrang melalui Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) berhasil masuk Top 45 inovasi pelayanan publik yang digelar oleh Kemenpan-RB.

Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Kabupaten Pinrang, Elvi Martina, menyampaikan, jika pihaknya melalui program Skilled Breeder (Siber) itu berhasil masuk TOP 45 Inovasi pelayanan publik tingkat nasional.

“Alhamdulillah untuk program siber kita diapresiasi dan masuk Top 45,” syukurnya, Rabu 22 November 2023.

Program skilled breeder atau di Pinrang akrab disebut siber adalah program yang telah berjalan selama tiga tahun ini. Dijelaskan lebih jauh, tambahnya, program itu merupakan upaya edukasi terhadap peternak untuk bisa mahir secara mandiri melakukan inseminasi buatan.

“Jadi ceritanya, edukasi terhadap perwakilan kelompok peternak untuk mengatasi masalah jarak. Sebab petugas inseminasi kami terbatas untuk mengakses semua lokasi,” bebernya.

Baca Juga

Elvi menyebutkan, jika perwakilan-perwakilan dari kelompok peternak tersebut difasilitasi untuk ikut pelatihan khusus di Balai Insemenasi Buatan. Setelahnya, mereka diikutkan bersama dengan petugas inseminasi Disnakbun untuk praktek lapangan.

“Nah setelah dianggap mampu dan mengerti, mereka dilepas untuk bisa melakukan inseminasi buatan terhadap kelompok sendiri,” jelasnya.

Lewat program itu, jelasnya, di Pinrang saat ini mengalami peningkatan populasi dan angka kelahiran hewan ternak. Dengan hal tersebut, itu pun akan linear dengan kenaikan tingkat kesejahteraan warga Bumi Lasinrang yang bergerak di sektor itu.