Berkedok Jasa Bikin Makalah, Guru di Pinrang Curhat Ada Oknum Disdikbud Minta ‘Upeti’ untuk Kenaikan Pangkat
Komentar

Berkedok Jasa Bikin Makalah, Guru di Pinrang Curhat Ada Oknum Disdikbud Minta ‘Upeti’ untuk Kenaikan Pangkat

Komentar

Terkini.id, Pinrang — Ada-ada saja cara atau ulah oknum untuk bisa melakukan pungutan liar (pungli) dari masyakarakat. Di Pinrang misalnya, guru diduga dimintai upeti untuk bisa naik pangkat, dengan jasa bikin makalah.

Seperti diutarakan oleh RM warga Kabupaten Pinrang. Ia menceritakan kalau ibunya adalah seorang guru yang kini sedang mengurus kenaikan pangkat.

“Ibu saya cerita, kalau mau naik pangkat kan ada yang namanya makalah yang harus dibuat. Kalau dibuat sendiri makalahnya koreksi berkali-kali. Seolah-olah tidak ada benarnya itu makalah,” bebernya, Kamis 18 Januari 2024.

Lantas RM menyampaikan ibunya pun ditawarkan opsi kemudahan. Yakni ada oknum di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pinrang menawarkan jasa bikin makalah namun, dengan menyetor sejumlah uang.

“Ibu saya dimintai Rp2 juta untuk makalah. Sebetulnya inilah yang jadi kendala, kenapa selama ini ibu saya sudah bertahun-tahun tidak mengurus kenaikan pangkatnya,” keluhnya.

Baca Juga

Terkait adanya oknum dengan dalih jasa bikin makalah yang diduga minta upeti, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pinrang, Andi Matjtja, telah mengeluarkan pernyataan tertulis sebagai bentuk klarifikasi

Ada beberapa point dalam surat klarifikasi itu yang juga ditembuskan kepada Kepala BKD Kabupaten Pinrang. Salah satunya, tertulis bahwa jika Disdikbud Pinrang telah mengadakan rapat dengan tim saber pungli Pemkab untuk menyikapi hal itu.

Point lainnya, Disdikbud dan tim saber pungli Pemkab membuka ruang terhadap mereka yang merasakan dirugikan oleh oknum yang melakukan pungli untuk melapor langsung dan dijanjikan kerahasiaan identitas dari pelapor.