Agenda Mappalili di Pinrang, Pemkab Ingatkan Petani Soal Bahaya El Nino
Komentar

Agenda Mappalili di Pinrang, Pemkab Ingatkan Petani Soal Bahaya El Nino

Komentar

Terkini.id, Pinrang— Para petani di Kelurahan Salo, Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang, sedang menggelar agenda mappalili, Senin 29 Mei 2023.

Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid, menyampaikan, acara mappalili pada prinsipnya, merupakan manifestasi dari doa serta harapan para petani, agar musim tanam ini berjalan dengan baik dan produksi pertanian bisa melimpah.

“Mappalili memang tradisi turun-menurun, yang pada hakikatnya adalah bentuk doa kepada yang Maha Kuasa, agar produksi pertanian bisa melimpah dan berkah,” bebernya.

Kendati demikian, pihaknya juga mengingatkan kepada para petani dengan ancaman kekeringan dengan fenomena el-nino.

“Kondisi ini mesti menjadi perhatian bersama, apalagi ancaman el-nino dan cuaca sekarang. Mengingat, Pinrang juga masuk sebagai salah satu daerah lumbung pangan nasional,” nilainya.

Kekeringan sebagai dampak fenomena el-nino, lanjutnya, kemungkinan berdampak secara nasional, termasuk hingga ke Bumi Lasinrang. Makanya, sedari dini perlu upaya preventif untuk hal itu.

“Yah melalui dinas-dinas terkait, pemerintah pun sudah melakukan antisipasi dan menyiapkan mitigasi untuk dampak kekeringan dari fenomena el-nino ini nantinya,” akunya.

Menurutnya, skenario telah dipersiapkan jika kemungkinan kekeringan terjadi. Meski demikian, pihaknya tetap berharap semoga dampaknya tidak terlalu signifikan di Kabupaten Pinrang