Komisi Irigasi di Pinrang, Ini Struktur dan Fungsinya
Komentar

Komisi Irigasi di Pinrang, Ini Struktur dan Fungsinya

Komentar

Terkini.id, Pinrang — Di Kabupaten Pinrang ada yang namanya komisi irigasi. Fungsinya pun krusial. Khususnya setiap menjelang musim tanam.

Sekretaris Komisi Irigasi Kabupaten Pinrang, Husni Nakka, mengungkapkan, jika pembentukan komisi irigasi itu memiliki dasar hukum.

“Jadi dasar hukum pembentukan Komisi Irigasi, telah diatur dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 17/PRT/M/2015 tentang Komisi Irigasi,” imbuhnya, Rabu 30 November 2022.

Husni menyampaikan, jika komisi irigasi yang di Pinrang itu berjumlah 108 orang. Strukturnya  terdiri dari wakil Pemerintah Kabupaten, Wakil aparat keamanan (TNI/Polri), Wakil Pemerintah Kecamatan serta wakil dari pengguna irigasi ini sendiri.

“Setiap 5 tahun sekali periode jabatannya,” jelasnya.

Baca Juga

Untuk fungsinya, tambahnya, itu sangat krusial. Mulai dari pengembangan hingga pengelolaan jaringan irigasi supaya optimal. Namun tak sampai di situ saja.

“Di komisi irigasi kan juga banyak pengguna irigasi langsung. Fungsi juga sebagai jembatan dengan pemerintah daerah,” jelasnya.

Maka dari itu, ia mengharapkan, mereka yang berada dalam struktur komisi irigasi, itu menjalankan fungsinya dengan maksimal. Supaya, pengelolaan irigasi pun bisa berjalan dengan maksimal pula.