Hadapi Cuaca Ekstrem, Pinrang Siaga Bencana

Terkini.id, Pinrang —  Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kabupaten Pinrang. Untuk merespons kondisi itu, para stakeholder terkait telah diinstruksikan untuk siap siaga menghadapi bencana akibat cuaca ekstrem.

Kepala Pelaksana BPBD Pinrang, Rhommy Manule, bertutur, jika sejak pagi tadi telah dilaksanakan, Apel gelar pasukan kesiapsiagan penangan bencana alam dan pengecekan peralatan tim SAR yang eksis di Pinrang.

“Pesertanya itu mulai dari unsur TNI, Polri, Anggota SAR, Tagana, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Satpol PP, PMI, Orari dan Rapi dan PSC 119,” rincinya, Jumat 18 November 2022.

Baca Juga: Antisipasi Banjir, UPTD Pinrang Diinstruksikan untuk Intens Lakukan Kerja Bakti...

Apel itu, kata dia, memang dimaksudkan agar unsur-unsur terkait dapat meningkatkan koordinasi dan sinergitas menghadapi kemungkinan terjadinya bencana.

“Aspek mitigasi bencana juga perlu dilakukan demi mengurangi resiko korban saat terjadi bencana,” jelasnya.

Baca Juga: Redam Konflik Distribusi Air, Pemkab Pinrang Lakukan Hal Ini

Dan akibat cuaca ekstrem hari ini, tambahnya, ada pohon tumbang di Dusun Dolangang, Kecamatan Mattiro Bulu, Kabupaten Pinrang hal itu sempat  menutup sebagian jalan.

“Selain sempat menutup sebagian jalan, pohon tumbang itu juga mengenai tiang dan kabeli listrik. Tapi kami sudah koordinasi dengan pihak PLN,” jelasnya.

Ia mengaku, jika pihaknya telah melakukan peninjauan lokasi dan melakukan assessment di lokasi kejadian. Dan sejauh ini, material pohon tumbang yang berserakan juga telah dibersihkan.

Baca Juga: Redam Konflik Distribusi Air, Pemkab Pinrang Lakukan Hal Ini

“Semua sudah dibersihkan. Arus lalu lintas yang sempat tersendat, kita sudah lancar kembali,” katanya.

Bagikan