Kemarau Panjang, Performa Sektor Pertanian di Pinrang Diyakini Masih Oke
Komentar

Kemarau Panjang, Performa Sektor Pertanian di Pinrang Diyakini Masih Oke

Komentar

Terkini.id, Pinrang — Hampir seluruh daerah di Sulsel dilanda kemarau panjang, termasuk di Bumi Lasinrang. Kendati demikian, Pemkab Pinrang optimistis sektor pertanian masih akan berjalan baik.

Pada agenda Farmer Field Day , Climate Smart Agriculture, Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid, mengucapkan syukur karena hasil panen masyarakat petani cukup memuaskan pada musim tanam kali ini.

“Hal ini (panen) tentu masih menjadi kesyukuran, apalagi el-nino yang melanda hampir sebahagian besar wilayah di Indonesia,” bebernya, Jumat, 27 Oktober 2023.

Bagi Andi Irwan, hasil panen musim tanam kali ini diyakini masih oke, mengingat musim tanam dan kondisi irigasi menunjukkan yang sangat jauh dari ekspektasi dikarenakan kemarau panjang.

“Meskipun mungkin tidak seperti pada musim tanam sebelumnya saat kondisi irigasi masih dapat memenuhi kebutuhan air para petani,” jelasnya.

“Alhamdulillah, sekalipun kondisi menunjukkan kemarau Panjang yang berakibat pada kurangnya pasokan air irigasi, kita masih bisa panen dengan hasil memuaskan,” jelasnya lagi.

Maka dari itu, lanjutnya, ia menginginkan, kepada para petani untuk terus membangun kebersamaan dan sinergitas dengan pihak pemerintah, melalui OPD terkait. Sehingga dapat membantu para petani terkait kendala yang ditemui di lahan pertanian.

“Nah para penyuluh pertanian juga, tidak henti mendampingi para petani dalam setiap tahapan pertanaman. Dengan begitu, para petani bisa terbantu dalam prosesnya,” pintanya.