Lagi, Balai Pompengan Suntik Dana Jumbo untuk Irigasi di Pinrang

Terkini.id, Pinrang — Atensi Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jeneberang terhadap Kabupaten Pinrang rupanya tidak menyusut. Sebab tahun ini, dana segar untuk modernisasi irigasi kembali mengucur di Bumi Lasinrang.

Yah seperti diketahui, BBWS di Kabupaten Pinrang memang telah dan sementara menjalankan proyek strategis dengan anggaran sekitar Rp100 miliar tahun lalu.

Itu dikucurkan, untuk rehabilitasi saluran induk yang mengairi kurang lebih 7 ribu hektare lahan pertanian di sebelah Utara Kabupaten Pinrang.

Baca Juga: 6 Tersangka Kasus Narkoba 3,6 Kilogram, Segera Disidang di Pinrang

Dan terbaru, Dinas Sumber Daya Air dan Bina Kontruksi Kabupaten Pinrang dengan Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid, telah bertemu dengan pihak balai, satker, PPK, juga kepala proyek Nindya Karya.

“Pertemuan itu dalam rangka pelaksanaan modernisasi untuk saluran irigasi Langga,” sebut Kepala Bidang Irigasi Pedesaan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi Kabupaten Pinrang, Husni Nakka, Selasa 17 Mei 2022.

Baca Juga: Talkshow Hari Anti Narkoba di Pinrang, Ini Pesan Para Stakeholder

Untuk proyek rehabilitasi jaringan dan modernisasi daerah irigasi Saddang sub unit Langga tersebut, itu akan dikerja oleh PT Nindya Karya (Persero).

Ada pun nilai kontrak untuk pekerjaan itu sebesar Rp95,6 miliar. Dengan pelaksaan yang dimulai pada 9 Mei 2022 hingga 29 Desember 2023.

Untuk item pekerjaan sendiri, kata Husni, itu hampir serupa dengan proyek strategis balai sebelumnya. Yang mulai dari rehabilitasi saluran, pintu air, jalan inspeksi dan pekerjaan penunjang lainnya.

Baca Juga: Talkshow Hari Anti Narkoba di Pinrang, Ini Pesan Para Stakeholder

Dengan jalannya agenda tersebut, maka selama dua tahun terakhir ini, atensi balai ke Pinrang memang tidak main-main. Yang jika ditotal, setidaknya ada hampir Rp200 miliar anggaran yang mengucur ke Bumi Lasinrang untuk persoalan irigasi.

“Itu semua berkat perjuangan Pak Bupati,” tutup Husni

Bagikan