OPD Didorong Bersinergi untuk Menanggulangi Penyebaran HIV/AIDS di Pinrang
Komentar

OPD Didorong Bersinergi untuk Menanggulangi Penyebaran HIV/AIDS di Pinrang

Komentar

Terkini.id, Pinrang — Penyebarang HIV/AIDS di Bumi Lasinrang dinilai urgen untuk diantisipasi. Maka dari itu, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Pinrang, didorong untuk memberi atensi terhadap itu.

Wakil Bupati Pinrang, Alimin, menyampaikan, jika ia telah menerima audiensi dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA). Pertemuan itu, membahasa bagaimana Pemkab atau OPD melakukan sinergi untuk menanggulangi penyebaran HIV/AIDS tersebut.

“Kami tentu mendukung upaya KPA tersebut. Maka dari itu, OPD-OPD didorong untuk melakukan sinergi,” jelasnya, Rabu 11 Januari 2023.

Alimin bertutur, paling penting sebetulnya dalam mendeteksi orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Untuk kemudian, bisa dirawat supaya tidak terjadi penyebaran kepada orang-orang di sekitarnya.

Terpisah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang, Dyah Puspita Dewi, mengungkapkan, di Bumi Lasinrang tak terdata ada warga yang terjangkit AIDS. Sementara untuk HIV sendiri, itu mengalami tren penurunan.

“Tahun lalu itu, jumlah kasus ada 33 orang. Sementara untuk tahun ini terdata kasus sisa 24 orang,” rincinya.

Dewi mengatakan, untuk kasus HIV itu kebanyakan berasal dari orang-orang atau mereka yang dulu sering menggunakan alat suntik.

“Khususnya mereka yang menggunakan narkoba, apalagi kalau pakai jarum suntik yang digilir pemakaian,” tutupnya