Melimpah, Hasil Panen Padi di Pinrang Tembus 12 Ton per Hektar
Komentar

Melimpah, Hasil Panen Padi di Pinrang Tembus 12 Ton per Hektar

Komentar

Terkini.id, Pinrang — Sudah masuk musim panen padi di Kabupaten Pinrang. Hasilnya pun melimpah. Sebab, menggunakan metodologi yang terukur.

Biasanya untuk 1 hektar hasil panen padi di Pinrang, itu hanya berkisar 8-9 ton saja. Namun Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan Kecamatan Watang Sawitto, Jufri, menyampaikan, musim ini hasil panennya melenting.

“Nah tadi Poktan Sipakainga I Kelurajan Sipatokkong panen. Hasil melimpah, tembus 12 ton per hektar,” sebutnya, Selasa 4 Oktober 2022.

Jufri mengaku, hasil panen yang melimpah itu tak terlepas dari metodologi yang digunakan. Yakni Climate Smart Agriculture atau CSA. Metode itu merupakan, sistem pertanian cerdas melalui iklim.

Ada banyak manfaat dari sistem itu. Mulai dari peningkatan produktivitas pertanian, budi daya pertanian yang tahan iklim, meningkatkan pendapatan petani, serta mengurangi risiko gagal panen.

Baca Juga

Sementara itu, Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid, mengaku, bersyukur dengan hasil panen yang melimpah. Ia pun berharap itu terus bertahan dan bisa lebih agresif lagi pada setiap momen musim panen.

Selain itu, ia bertutur, kalau untuk musim tanam Oktober ini, kuota pupuk NPK untuk Kabupaten Pinrang itu bertambah. Kini menjadi 500 ton.

“Pupuk ini memang sangat krusial. Kami tentu mengupayakan, agar kuotanya terus bertambah,” jelasnya.