KKP Gagas Pembangunan Pasar Ikan Bersih di Pinrang
Komentar

KKP Gagas Pembangunan Pasar Ikan Bersih di Pinrang

Komentar

Terkini.id, Pinrang — Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberi atensi ke Bumi Lasinrang. Sebab ke depan, akan dibangun pasar ikan bersih di daerah pesisir pantai.

Sekda Pinrang, Andi Budaya, menyampaikan, jika pihaknya telah menerima kunjungan dari KKP. Kunjungan tersebut dengan maksud, atensi dari KKP untuk pembangunan pasar khusus di daerah pesisir.

“Tadi itu agenda dengan pihak KKP. Yakni, serah terima lokasi pembangunan pasar ikan bersih,” bebernya, Kamis 13 Juli 2023.

Ia menyebutkan, jiko lokasi pasar ikan bersih tersebut di Desa Mattiro Tasi, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang. Menurutnya, gagasan yang dibawa oleh pihak KKP ke Bumi Lasinrang sangat baik untuk masyarakat.

“Sudah pasti ini positif. Sebab akan dirasakan langsung, oleh masyarakat nelayan karena akan lebih mudah memasarkan hasil perikanan tangkap mereka,” imbuhnya.

Andi Budaya pun menilai, dengan terbangunnya pasar ikan bersih di Pinrang, itu mampu melentingkan penyerapan produk perikanan di pasar domestik.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Erwin Dwiyana, yang berkunjung sendiri ke Pinrang, sebelumnya menyatakan, penyerapan produk perikanan di pasar domestik menunjukkan peningkatan dalam dua tahun terakhir.

“Pada 2021, penyerapan produk perikanan di pasar domestik sebanyak 12,66 juta ton dan tahun 2022 tumbuh menjadi 13,11 juta ton,” rincinya.

Komoditas utama, tambahnya, yang paling diincar masyarakat adalah tilapia, lele dan bandeng untuk perikanan budidaya, serta tongkol-tuna-cakalang, kembung, dan teri untuk produk perikanan tangkap.