KPMP Soroti Proses Rekrutmen Panwascam di Pinrang

Terkini.id, Pinrang — Proses rekrutmen Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Pinrang kini masih berlangsung. Hanya saja, agenda itu tak luput dari kritik karena dinilai ada permainan.

Kritikan itu dilontarkan oleh Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Kerukunan Pelajar Mahasiswa Pinrang (KPMP), Abdullah Pocing. Menurutnya, ada yang tidak beres dengan proses rekrutmen panwascam yang kini sedang berlangsung.

“Ini sudah dibahas di warkop-warkop. Katanya kalau bukan dari kelompok tertentu yang daftar, maka itu akan sulit untuk lolos,” kesalnya, Rabu 28 September 2022.

Baca Juga: Antisipasi Banjir, UPTD Pinrang Diinstruksikan untuk Intens Lakukan Kerja Bakti...

Ulla sapaannya, memandang, jika Bawaslu pilih kasih dalam rekrutmen panwascam dan cuma memberi atensi pada kelompok tertentu saja, itu sudah pasti akan mencederai agenda pemilu yang akan berlangsung ke depannya.

“Pemilu di depan mata, maka dari itu agenda-agenda menuju ke situ, termasuk rekrutmen panwascam alangkah baiknya jika tak ada permainan. Apalagi, sampai mengendepankan kepentingan kelompok tertentu,” sarannya.

Baca Juga: Redam Konflik Distribusi Air, Pemkab Pinrang Lakukan Hal Ini

Ia pun mengungkapkan, kalau dalam proses rekrutmen panwascam saja sudah ada indikasi kecurangan,bagaimana nantinya pada saat pelaksanaan pemilu dan pilkada serentak

“Dan apabila kami menemukan satu saja kecurangan,maka KPMP akan melaporkan kecurangan Ke Bawaslu Provinsi, Bawaslu Pusat dan DKPP bahkan kalau ada pidananya kami akan laporkan ke Polisi,” janjinya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Pinrang, Andi Fitriani Bakri, menampik, jika pihaknya memberi atensi kepada kelompok tertentu untuk diloloskan sebagai panwascam.

Baca Juga: Redam Konflik Distribusi Air, Pemkab Pinrang Lakukan Hal Ini

“Saya kira mekanismenya sangat jelas dan transparan. Apalagi ujiannya sistem CAT yang mana kami tidak memiliki akses masuk karena servernya di pusat dengan jumlah ribuan soal,” bebernya.

Jika dalam proses rekrutmen itu dinilai ada yang tidak beres, lanjutnya, ada ruang yang disediakan untuk tanggapan masyarakat pada 12-18 Oktober 2022. Bahkan, jika calon panwascam sudah masuk tahap 6 besar maka ada proses wawancara, setelah itu diplenokan di tingkat pimpinan.

Bagikan