Pemkab Tertibkan ODGJ yang Berkeliaran di Pinrang

Terkini.id, Pinrang — Pemkab, melalui Dinas Sosial Kabupaten Pinrang, memberi atensi kepada Orang Dalam Gangguan Jiwa di Bumi Lasinrang.

Kepala Bidang Rehabilitasi Dinas Sosial Kabupaten Pinrang, Muh Assidiq, mengaku, jika pihak bersama dengan Satpol PP memang sedang dan akan terus melakukan penertiban ODGJ. Itu untuk mengindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Setelah penertiban, selanjutnya kami lakukan koordinasi dengan pihak Dukcapil Pinrang,” imbuhnya, Rabu 7 September 2022.

Baca Juga: KPMP Soroti Proses Rekrutmen Panwascam di Pinrang

Koordinasi dengan pihak Dukcapil Pinrang, kata dia, itu untuk dilakukan penelusuran dan sanak saudara dari mereka yang teridentifikasi sebagai ODGJ.

“Tapi kami juga koordinasi dengan Balai Gau Mabbaji untuk aspek rehabilitasi dari penderita ODGJ yang telah ditertibkan. Itu sembari menanti keluarga dari ODGJ untuk melakukan penjemputan,” jelasnya.

Baca Juga: Tak Punya Dokumen Kependudukan untuk Sekolah di Pinrang, Segera Laporkan

Hanya saja, lanjut Assidiq, usai melakukan penelusuran terhadap beberapa ODGJ yang ditertibkan oleh pihaknya, hasil nihil. Dan ini, pun menjadi kendala bagi pihaknya untuk bisa menindaklanjutinya.

“Kami tidak punya sama sekali fasilitas panti rehabilitasi untuk para ODGJ. Sehingga mereka yang terjaring dalam penertiban, kami tampung dahulu di Kantor Dinsos untuk sementara,” imbuhnya.

Dia pun mengimbau, kepada masyarakat Bumi Lasinrang untuk tidak segan melapor ke Dinsos jika menemukan ODGJ. Sebaliknya pun demikian, jika ada warga yang keluarga penderita ODGJ bisa mengunjungi Dinsos untuk diberikan informasi terkait itu.

Bagikan