Permintaan Pemkab Diterima, Tanggul Sungai Galang-galang di Pinrang Kini Masuk Tahap Pengerjaan

Terkini.id, Pinrang —  Warga Desa Pajalele, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang kini bisa tenang. Permintaan Pemkab, melalui Dinas Sumber Daya Air dan Bina Kontruksi (SDABK), itu diterima oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jeneberang.

Kepala Bidang Irigasi Pedesaan Dinas SDABK Kabupaten Pinrang, Husni Nakka, menyampaikan, jika permintaan untuk pengerjaan tanggul Sungai Galang-galang telah diterima dan direspons positif oleh pihal balai.

“Tadi tim dari balai ada di lokasi. Untuk melakukan pengecekan terakhir, untuk persiapan pengerjaan esok hari,” akunya, Jumat 2 September 2022.

Baca Juga: KPMP Soroti Proses Rekrutmen Panwascam di Pinrang

Husni merinci, tanggul yang telah mengalami abrasi cukup parah itu akan dibenahi ulang. Panjangnya sekitar 200 meter. Dan pengerjaannya ditargetkan selesei kurang lebih 1-2 bulan ke depan.

“Besok itu mulai pemasangan jumbo bag,” imbuhnya.

Baca Juga: Tak Punya Dokumen Kependudukan untuk Sekolah di Pinrang, Segera Laporkan

Kepala Dinas SDABK Kabupaten Pinrang, Muhammad Jenal, bertutur, kondisi tanggul memang sudah sangat kritis. Apalagi sejauh ini, sudah terhitung sedikitnya ada 10 rumah yang telah dievakuasi akibat tanggul yang tak bisa lagi menahan luapan air sungai tersebut.

“Sudah lama sekali memang tanggul itu perlu diberi atensi. Setidaknya dengan pengerjaan ini, warga di sana tidak perlu khawatir lagi terjadi luapan air sungai,” jelasnya.

Terpisah Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid, mengaku, jika di Bumi Lasinrang memang tak sedikit atensi balai yang telah terealisasi.

Baca Juga: Tak Punya Dokumen Kependudukan untuk Sekolah di Pinrang, Segera Laporkan

“Untuk tanggul itu sendiri, memang bukan wewenang Pemkab. Tetapi kondisi dan permintaan warga kami teruskan ke balai, alhamdulillah diberi respons cepat untuk penanggulangan,” tutupnya

Bagikan