Desa Wisata Wiring Tasi di Pinrang Masuk 100 Besar pada Ajang ADWI 2022

Terkini.id, Pinrang — Hasil kurasi untuk penetapan 100 besar desa wisata pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 oleh Kemenparekraf telah diumumkan. Desa Wiring Tasi yang berada di Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang, masuk menjadi salah satu nominasi.

Untuk diketahui, pada hasil kurasi untuk 500 besar sebelumnya tercatat ada dua desa wisata dari Bumi Lasinrang yang masuk nominasi. Yakni Desa Wiring Tasi dan Desa Lontang Salo.

Seiring berjalannya penjaringan, dan teranyar diumumkan oleh Kemenparekraf, satu dari dua desa yang ada di Kabupaten Pinrang tersebut, kini masuk ke tahap penjaringan lebih jauh dan telah diumumkan masuk ke 100 besar pada ajang ADWI 2022.

Baca Juga: Pemkab Imbau Kawal Bersama Proyek Strategis Balai Pompengan di Pinrang

“Alhamdulillah satu desa di Pinrang melenting masuk 100 besar. Itu Desa Wiring Tasi,” sebut Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Pinrang, Andi Suyuti, Minggu 24 April 2022.

Andi Suyuti mendeskripsikan, Jika Desa Wiring tasi menyuguhkan beragam hal yang bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan. Mulai dari kampung kreasi penangkaran penyu, resort, juga ada suguhan kuliner hasil laut yang segar.

Baca Juga: Kasus Siswa Tampar Siswi yang Viral di Pinrang, Berakhir Damai

“Capaian ini tentu sangat membanggakan. Ke depannya, kami tentu tak akan passif untuk terus mengembangkan potensi pariwisata yang ada. Khususnya yang berada di desa-desa di Kabupaten Pinrang,” janjinya.

Sebagai informasi, khusus di Sulsel pada ajang ADWI 2022 tercatat memang cuma ada enam kabupaten yang lolos 100 besar. Untuk Pinrang ada Desa Wiring Tasi, sementara di Bantaeng, Sinjai, Luwu Timur, Sidrap, Palopo berturut-turut adalah Desa Campaga, Desa Barania, Desa Matano Iniaku, Desa Leppangeng, dan Desa Kambo

Bagikan