Gaji 13 dan THR ASN Pinrang Dipangkas hingga Rp500 Ribu, Begini Detail Laporannya

Terkini.id, Pinrang — Ombudsman Sulsel masih menunggu klarifikasi tertulis dari BKUD dan Disdik Pinrang, atas dugaan pemangkasan hak ASN di Bumi Lasinrang. Dari laporan yang diterima, terjadi potongan gaji 13 dan THR yang mencapai nilai Rp500 ribu.

Merujuk surat permintaan klarifikasi Ombudsman Sulsel dengan nomor registrasi 0093/LM/VII/2021/Mks, tertulis bahwa pelapor merupakan aparatur sipil negara (ASN).

Berdasarkan keterangan pelapor (laporan pelapor pada LAPOR SP4N/14 JUNI 2021) pembayaran gaji dan tunjangan (selain gaji pokok) secara khusus di Disdik Pinrang dan secara umum di lingkup OPD Kabupaten Pinrang, dibayarkan secara tunai. Gaji yang dimaksud di situ adalah gaji 13 dan THR.

Baca Juga: Pemkab Gantung Hasil Seleksi Perusda Pinrang, Pansel: Kami juga Tidak...

Masih merujuk surat Ombudsman Sulsel, menurut pelapor dengan pembayaran secara tunai mengakibatkan terjadinya pungutan liar/potongan pada pembayaran gaji 13 dan THR, yang nominalnya pun bervariasi bergantung masing-masing sekolah. Secara khusus tempat pelapor bertugas terjadi pungutan Rp100-Rp500 ribu.

“Ya sekarang kami menunggu klarifikasi tertulis dari yang terkait dahulu (Disdik & BKUD). Jika sudah itu, kami bisa lakukan investigasi lanjutan,” terang, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sulsel, Subhan Djoer, Selasa 24 Agustus.

Baca Juga: Persiapan Kenaikan Sabuk, Inkanas Pinrang Intens Latihan

Dalam surat Ombudsman Sulsel juga tertulis, bahwa pelapor menerima pembayaran gaji 13 dan THR dari bendahara sekolah dengan nominal gaji induk (netto). Hanya saja nominalnya semestinya bisa lebih besar, sebab tidak dikenai potongan melekat (tanpa IWP 1 dan IWP 8).

Menurut pelapor, seorang guru berpangkat IVB menanggung seorang pasangan dengan gaji pokok sebesar Rp5.211.500, dengan gaji bersih Rp5.685.300. Hanya saja pada pencairan gaji 13 dan THR tahun 2021 dikenai potongan Rp500 ribu. Idealnya tak ada potongan dan menerima sebanyak Rp6.204.500. Namun nyatanya, yang diterima hanya Rp5.685.300.

Bagikan